LIVE Pelantikan Jokowi-Amin Sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024



KOMPASTV
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin rencananya akan dimulai pukul 14.30 WIB. Jokowi-Ma'ruf akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024 di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Minggu, 20 Oktober 2019.

Berbagai rangkaian acara telah dipersiapkan Sekretariat Jenderal MPR terkait Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, Jokowi-Ma'ruf Amin. Anggota MPR dan para tamu undangan akan hadir terlebih dulu. Presiden-presiden terdahulu juga akan hadir, disusul dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin, dan yang terakhir adalah Presiden Jokowi.

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf Amin akan diawali dengan pembacaan hasil keputusan KPU, lalu pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden terpilih. Setelah itu, pimpinan MPR akan menandatangani berita acara pelantikan.

Yang berbeda di Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024 ini adalah perpindahan tempat duduk hanya akan dilakukan oleh wakil presiden saja. Jusuf Kalla akan berpindah tempat duduk dengan Ma'ruf Amin. Selain itu, menurut infografis yang dirilis Kompas.com, sesi khusus pemberian ucapan kepada Jokowi-Ma'ruf dilakukan setelah sesi foto bersama MPR. Hal ini dilakukan untuk memberi kesempatan kepada para tamu negara menyampaikan selamat kepada presiden dan wakil presiden terpilih.

Sejumlah kepala negara serta perwakilan dijadwalkan hadir di Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Jokowi-Ma'ruf. Di antaranya ada Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Y.M. Hun Sen, Raja Eswatini, dan beberapa perwakilan negara lain.

Komentar

Postingan populer dari blog ini